MIN 1 Demak Sukseskan Pesantren Ramadhan 1442H
Mengobarkan Semangat Ibadah Di Bulan Penuh Berkah Dengan Membentuk Generasi Qur’ani yang SMART

By Ziul Ro 04 Mei 2021, 17:49:56 WIB Dunia Islam
MIN 1 Demak Sukseskan Pesantren Ramadhan 1442H

Demak, 4/05/2021 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Demak gelar kegiatan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT di bulan Ramadhan. Kegiatan ini diberi nama Pesantren Ramadhan dengan mengambil tema “Mengobarkan Semangat Ibadah Di Bulan Penuh Berkah Dengan Membentuk Generasi Qur’ani yang SMART (Sholih, Mandiri, Amanah, Rajin, dan Tangguh).

Kegiatan Pesantren Ramadhan kali ini di mulai tanggal 4 s.d 6 Mei 2021, dengan peserta kelas 4 sampai dengan kelas 6 kurang lebih 165 anak. Jenis-jenis kegiatannya antara lain: pesantren kilat, shalat Duha, ziarah kubur, lomba pildacil, menggambar tema Ramadhan, murojaah massal, buka bersama, dan sholat tarawih.

Adapun tujuan dari Pesantren Ramadhan sesuai yang disampaikan ketua panitia, Bapak Muzahim, S.Pd.I yaitu meningkatkan keimanan, ketaqwaan juga melatih kemandirian, keberanian, kejujuran, kebersamaan dan toleransi. Dan juga ikut menyemarakkan syiar Islam di lingkungan madrasah dan masyarakat.

Khusus untuk kegiatan murojaah massal ini diikuti oleh 53 peserta. Dengan menghafal jus 30 yang nantinya akan di semak oleh orang tua/wali dari masing-masing peserta. Selanjutnya, setelah pelaksanaan murojaah massal ini diharapkan anak-anak bisa mengikuti Wisuda Tahfidz yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juni 2021.

Kepala madrasah dalam sambutannya memberikan reward kepada peserta Pesantren Ramadhan khususnya yang ikut murojaah. “Meskipun di masa pendemi anak-anak masih bisa menghafal jus 30 dan puasa tetap semangat, belajar dan tidak untuk bermalas-malasan” tutur Bapak Muttakin, M.Pd.I.

Beliau juga memberikan slogan yang diikuti oleh semua peserta dengan antusias dan semangat. “Santri MIN 1 Demak, Puasa Kuat Prestasi Hebat.”

Dalam kegiatan Pesantren Ramadhan MIN 1 Demak ini di buka oleh Bapak H. Muslikhun, S.Pd.I,M.M selaku Pengawas Madrasah. Beliau menyampaikan kepada para peserta Pesantren Ramadhan bahwa jika kita memiliki ilmu akan memiliki kedudukan lebih tinggi. Dan salah satu contoh dalam mencari ilmu yaitu dengan mengikuti Pesantren Ramadhan, sambungnya. Beliau berpesan peserta Pesantren Ramadhan dapat mengikuti dengan baik supaya bisa memahami dan selanjutnya ilmu yang didapat bisa diamalkan.

Sebelum membuka acara, Bapak Pengawas Madrasah memberikan motivasi bagi peserta Pesantren Ramadhan yang ikut dalam murojaah, supaya tetap tekun dan semangat dalam menghafal Al Qur’an.

“Salah satu barokah dari hafal Al Qur’an yaitu bisa menjadi cerdas dan juga bisa meningkatkan imun, karena setiap kita mau membaca Al Qur’an tentunya terlebih dahulu mengambil air wudhu, sehingga bisa menjaga kebersihan” terangnya.

Selanjutnya, Bapak Pengawas Madrasah membuka kegiatan Pesantren Ramadhan dengan membaca umul kitab.

Pembukaan berjalan lancar, semoga kegiatan pesantren ramadhan ini sebagai bentuk  pendalaman makna dan arti bulan Suci Ramadhan, yaitu dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Di masa pandemi Covid-19, kegiatan ini terjadwal dengan baik, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga meminimalkan penyebaran virus covid-19.  (Ziul Ro)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment