Guru MIN 1 Demak melakukan Home Visit, Metode Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi

By Mohamad Abdul Azis 02 Mar 2021, 16:42:32 WIB Sekitar Kita
Guru MIN 1 Demak melakukan Home Visit, Metode Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi

Gambar : Guru MIN 1 Demak melakukan proses belajar mengajar di rumah siswa


Demak (22/2)-Pandemi covid-19 masih melanda di negara kita tercinta yaitu Indonesia bahkan negara-negara di dunia. Pada masa-masa sekarang ini banyak sekali problema yang harus di hadapi dari bidang Kesehatan, sosial, Pendidikan dan masih banyak lagi bidang-bidang lain yang terdampak pandemi ini.

Pemerintah beberapa kali sudah mengeluarkan surat edaran tentang pembelajaran jaraka jauh (PJJ), secara daring atau online. Namun, hal itu dirasa sebagian sekolah/madrasah kurang efektif karena dalam praktiknya muncul beberapa kendala diantaranya adalah masalah kuota internet. Selain kuota internet, beberapa siswa juga mengeluhkan tentang penggunaan aplikasi di smartphone yang dimilikinya. Hal itu juga dirasakan oleh beberapa siswa-siswi MIN 1 Demak.

Berawal dari permasalahan tersebut, guru-guru MIN 1 Demak kemudian mengambil inisiatif yaitu proses belajar mengajarnya dilakukan dengan cara mengunjungi rumah-rumah siswa (home visit). Home visit dilakukan dengan cara, kunjungan guru ke rumah anak didik dan mengumpulkan siswa yang tempat tinggalnya berdekatan maksimal 10 anak. Guru memberikan pembelajaran, memotivasi, dan menyelesaikan permasalahan, dan kendala-kendala yang dihadapi anak didik. Untuk jadwal pembelajaran di setiap kelas home visit, para siswa akan mendapatkan mata pelajaran dua kali dalam satu minggu, dengan waktu pembelajarannya mulai pukul 08.00 sampai 10.00 WIB.

 

Penulis : Ziul Ro
 

 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment